Ujian nasional
Ujian nasional (UN) adalah ujian akhir bagi kelas 6 sekolah dasar (sd) , kelas 9 sekolah menengah pertama (smp) dan juga kelas 12 sekolah menengah atas (sma). Ujian ini dilakukan serentak diseluruh Indonesia dengan menggunakan lembar jawab computer (ljk). Ujian nasional ini sendiri adalah salah satu yang ditakuti oleh para siswa. Ujian nasional menjadi salah satu penentu kelulusan dan juga syarat masuk sekolah kejenjang yang lebih tinggi.
Begitu pentingnya ujian nasional menjadikan para siswa tidak percaya diri menghadapinya. Dan berbagai macam cara pula para siswa menanggapinya. Ada anak yang adari awal menyiapakannya dengan matang-matang agar hasilnya tidak mengecewakan. Ada juga siswa yang menghadapinya santai , karena dia berpikir yang menetukan hasilnya adalah tuhan. Namun ada juga yang takut sebelum menghadapi dan akhirnya memilih untuk mengakhiri hidupnya karena takut gagal ketika ujian nasional.
Sebenarnya soal-soal yang ada pada ujian nasional adalah sama saja pada soal-soal biasanya. Dan seharusnya kita tidak boleh takut hingga menggakhiri hidup , namun hadapilah layaknya ketika kita ujian biasanya , dengan begitu ujian nasional sudah biasa kita hadapi.

Namun masalah ujian nasional tidak hanya terjadi dari pihak pelajar , masalah biasanya yang berhubungan dengan ujian nasional adalah keterlambatan naskah ujian nasional disekolah-sekolah tertentu. Ujian nasional yang katanya serentak diseluruh Indonesia ini , tidak bisa dikatakan serentak lagi karena keterlambatan soal tersebut. Ujian yang seharusnya dimulai pukul 07.30 ini kadang molor menjadi mundur berjam-jam dan tidak serentak lagi. 

0 komentar: